PROPOSAL DISRO



https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSm7N3Y1aPruFVCqvlTre9av-YDj6albxiWnb14kbOp9GzBCaIVIw




























DAFTAR ISI


DAFTAR ISI ………………………………………………………………....……….. I

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Informasi Tentang Bisnis ………………………………...……………………...   1
1.2  Latar Belakang …………………………………………………………………… 1
1.3  Visi dan Misi ……..………………………………………………………………. 1

BAB II KEGIATAN USAHA
2.1 Konsep Promosi ………………………………………………….… 2
2.2 Target Pelanggan …………………………………………………… 2
            2.3 Prespektif Masa Depan Usaha ……………………………………...  2
            2.4 Analisis Persaingan ………………………………………………...  2
            2.5 Segmentasi Pasar yang akan Di masuki …………………………….  2

BAB III RENCANA PEMASARAN
3.1               Penetapan Harga …………………………………………………………..  3
3.2               Pelaksanaan Distribusi …………………………………………………....  3
3.3               Strategi Promosi yang akan dilakukan ………………………………..….  3

BAB IV PERENCANAAN PERMODALAN
4.1               Sumber-sumber permodalan ……………………………………………..  4
4.2               Neraca Permulaan Perusahaan ……………………………………….….   4
4.3               Proyeksi Aliran Kas ……………………………………………………...   4
4.4               Perencanaan Laba Rugi ………………………………………………......   5


BAB V PENUTUP ………………………………………………………..……..…  6



I
BAB I
PENDAHULUAN



Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan

Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka pakaian  serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat Garut, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat, supaya lebih mudah
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.


Latar Belakang

Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhanmasyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
D’Maddy Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia.


Visi dan Misi

Visi      : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto  :” D’maddy Distro : The Satisfied Of Customers Is Number One”





1

BAB II
KEGIATAN USAHA


Konsep Promosi

Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis D’Maddy distro akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.


Target Pelanggan

Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.


Prespektif Masa Depan Usaha

Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar Perumahan Garut Indah pada saat ini sangat besar.


Analisis Persaingan

Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

                                                
Segmentasi Pasar yang akan dimasuki

Distro d’Maddy membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro ,akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distrountuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan

2
BAB III
RENCANA PEMASARAN


Penetapan Harga

Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
> Rp.   89.000,-
2
Kaos
> Rp.   90.000,-
3
Jeans
> Rp. 180.900,-
4
Gaun 
> Rp. 235.800,-
5
Kerudung
> Rp.   69.900,-
6
Rok
> Rp. 109.900,-
7
Jaket
> Rp. 199.900,-
8
Aksesoris
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-


Pelaksanaan Distribusi

Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.  


Strategi Promosi yang akan dilakukan  

Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
         Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
         Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro











3
BAB IV
PERENCANAAN PERMODALAN



Sumber-sumber permodalan

Sebagai sumber awal mula pendirian D’Maddy Distro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan



Neraca Permulaan Perusahaan

a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
Rp.   20.000.000,-
Kulakan baju grosir
Rp. 600.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
Rp.     5.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama
Rp.   60.000.000 ,-  +
Jumlah Modal Produksi
Rp. 685.000.000,-


2.      Biaya lain-lain
·         Listrik                                                    Rp. 12.000.000,-
·         Asuransi                                                 Rp. 11.000.000,-
·         Transportasi                                           Rp.   6.500.000,-
·         Administrasi                                          Rp.   4.500.000,-
·         Pajak                                                      Rp.   2.750.000,-
·         Pemeliharaan gedung dan peralatan      Rp.   6.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                            Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                     Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                        Rp.   42.750.000,-    +
Total                                                                  Rp. 667.250.000



Proyeksi Aliran Kas

Untuk distro kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

4
Perencanaan Laba Rugi

INVESTASI
JUMLAH (RP)
Biaya tetap

1.      Penyusutan gedung dan peralatan
Rp.   7.000.000,-
2.      Gaji pegawai
Rp. 60.000.000,-
Jumlah
Rp. 67.000.000,-


Biaya variable/ produksi

Kulakan baju grosir
Rp. 600.000.000,-
Jumlah
Rp. 600.000.000,-


Biaya-biaya lain

1.   Listrik                                           
2.   Asuransi                                       
3.   Transportasi          
4.   Administrasi
5.   Pajak                    
Rp. 12.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Rp.   6.500.000,-
Rp.   4.500.000,-
Rp.   2.750.000,-
Total Modal produksi
Rp. 36.700.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp. 703.700.000,-


Pendapatan

Penjualan aneka pakaian dan fashion
Rp. 960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 960.000.000,-


PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran

Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 256.300.000,-
























5
BAB V
PENUTUP




Harapan saya untuk usaha “Distro” ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju.
Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :

1.      Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.      Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan sasaran yang akan dituju

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers